Monday 6 July 2009

Biography: OmpuJhonny-MartinTondang-BintangTimur











Ditepi danau toba ada satu desa atau kampung yang disebut Nagori Purba. pada awalnya desa tersebut berada diwilayah kecamatan purba dan karena adanya pemekaran daerah berubah menjadi Kecamatan Haranggaol Horisan Kabupaten Simalungun Sumatera Utara. Dikampung ini ada satu keluarga marga tondang dengan isterinya boru Rumasingap dan mempunyai 5 (lima) orang anak yang terdiri dari empat laki-laki dan satu perempuan. Ompu Jhonny yang diberi nama Marthin Tondang adalah merupakan anak sulung dari keluarga marga tondang tersebut yang dilahirkan sekitar tahun 1903.
Menjalani kehidupan di desa/kampung yang serba susah dan sulit dalam hal perekonomian menjadikan Ompu Jhonny tidak pernah mengenyam pendidikan apapun, kecuali paket pemberantasan buta hurup itupun tidak sepenuhnya diikuti sehingga dia benar-benar tidak bisa untuk baca dan menulis. walaupun demikian pahitnya kehidupan dikampung, Ompu Jhonny kecil ini bisa tumbuh dan berkembang menjadi seorang pemuda yang tampan dan gagah dan disebut pula yang baik hati sehingga banyaklah gadis-gadis yang senang dan tertarik kepadanya.
Memasuki umur sekitar 30 tahun atau pada tahun 1933 Ompu Jhonny menyunting seorang gadis mungil dan imut-imut berumur sekitar 20 tahun yaitu pilihan orang tua/bapak,yang tidak lain merupakan boru tulang alias paribannya sendiri, adapun nama gadis dan sekaligus menjadi isteri nya ialah Lorianna boru Sipayung dari kampung Sibolangit yang jaraknya tidak begitu jauh dari kampung Nagori Purba. kehidupan berkeluarga di jalani dengan segala suka dan duka disertai dengan tantangan yang begitu keras dan kejam dilalui dengan penuh kesabaran dan ketabahan.
Dari perkawinan ini tuhan mempercayakan kepada mereka keturunan dengan mengaruniakan 8 orang anak yang terdiri dari 3 orang laki-laki dan 5 orang perempuan.
Untuk memenuhi kebutuhan hidup hanyalah mengandalkan hasil pertanian dengan lahan yang penuh dengan bebatuan dan ditambah dengan menangkap ikan dari danau toba. melihat dari sisi penghasilan keluarga ini, sangat tidak memungkinkan bagi Ompu Jhonny untuk membiayai sekolah anak-anaknya, karena itu ompu jhonny tidak pernah setuju apabila anak nya minta bersekolah dengan alasan dia tidak bisa menyiapkan pensil atau pena yang lurus dan dia hanya bisa menyiapkan pena bengkok atau cangkul yang pendek dan panjang.
Tetapi lain hal nya dengan pemikiran sang isteri atau Ompu Jhonny (perempuan) yang tetap menganjurkan agar anak-anak nya mau bersekolah sampai batas kemampuan yang ada walaupun dengan mengandalkan uang pinjaman dengan bunga yang tinggi dari orang berduit dikampung itu. perjuangan yang gigih dan pantang menyerah akan selalu diberkati oleh tuhan yang maha kuasa, itulah yang menjadi pedoman hidup yang ditanamkan dalam keluarga termasuk kepada semua anak-anaknya tidak ada yang hidup bermanja-manja dan ternyata membuahkan hasil yang lumayan untuk ukuran di kampung Nagori Purba pada saat itu.
Adapun yang membuat anak-anak dari keluarga ini selalu ngotot untuk bersekolah sebenarnya hanyalah untuk keluar dari kampung dengan kehidupan yang sangat getir itu dengan pengharapan memperoleh kehidupan yang lebih layak di kota seperti orang lain dan hasilnya mulai dirasakan secara bertahap dan susul menyusul dan bantu menbantu mulailah anak-anak mereka meninggalkan kampung dan hidup mencari rejeki di berbagai kota dan sebagian besar tinggal di kota medan sedangkan yang lainnya ada di jakarta,balikpapan banjarmasin.
Umur manusia hanya tuhan yang tahu dan dia pulalah yang menentukan, dan pada bulan mei 1985 Ompu Jhonny perempuan yang sudah berusia 72 tahun dipanggil oleh Yang Maha Kuasa untuk menghadap kehadiratnya setelah menderita penyakit yang tidak jelas pada saat itu selama lebih kurang dua tahun di rumah salah satu anaknya laki yang sulung yang bernama Sadohot Tondang di jl. Kenari Raya Perumnas Mandala Medan. Jenazah ibu tercinta di makamkan di kampung Nagori Purba dengan acara gondang dan acara adat sesuai dengan orang batak simalungun. dan sejak itu pulalah Ompu Jhonny laki-laki hidup sendiri alias duda. dalam mengarungi kehidupan seorang duda maka ompu jhonny memilih untuk ikut dengan keluarga anak secara bergantian dimana dia merasa senang, dia banyak melakukan perjalanan jauh seperti ke kampung Nagori Purba, Medan, Jakarta, Balik Papan, Banjarmasin dan Dumai.
Pada hari tuanya banyak dihabiskan dirumah anak laki yang kedua yang bernama Apul Tondang di komplek perumahan Pertamina di Dumai. Tidak pernah diduga tepat pukul 19.00 tgl 30 juli 2000 dan tanpa menderita suatu penyakit, Ompu Jhonny laki-laki yang berumur 98 tahun meninggal dunia menyusul kekasihnya yang sudah mendahului dipanggil tuhan 15 tahun yang lalu dan dengan fasilitas dari perusahaan pertamina berupa mobil jenazah, bus besar dan satu unit minibus untuk keluarga yang berduka juga dikawal oleh dua orang satpam jenazah Ompu Jhonny dibawa dari Dumai ke Nagori Purba melalui Tongging untuk dimakamkan berdampingan dengan isterinya tercinta setelah melalui serangkaian acara adat dengan iringan gondang batak. Jadi kini ompu jhonny sudah tiada didunia ini dan kini mereka sudah masuk kedalam kehidupan baru bersama Allah Bapa Tuhan kita di Surga, namun jasa Ompu Jhonny berdua akan tetap dikenang oleh seluruh keturunan nya sampai selama-lamanya.
Adapun keturunan dari ompu jhonny adalah seperti yang di jelaskan berikut ini dan diharapkan dengan adanya penuturan kisah yang singkat ini seluruh keluarga yang termasuk dalam keturunan Ompu Jhonny dapat saling mengenal, saling merindukan saling mencintai dan selalu berusaha membangun kerukunan keluarga yang bersatu padu diberkati oleh tuhan yang maha kuasa, sehingga jiwa ompu jhonny berdua (laki dan perempuan) akan merasa berbahagia di Surga apabila menatap seluruh keturunannya berada dalam hidup rukun dan damai.



Note:
· Tulisan ini disiapkan oleh bapak Raymond (Apul Tondang) sesuai dengan penuturan orang tua pada masa hidupnya dan dari apa yang dialami dan realita dalam kehidupan keluarga ini.
· Jika ada yang kurang sesuai mohon disampaikan kepada penulis untuk disempurnakan dan sebelumnya penulis minta maaf.
· Untuk melengkapi data data keluarga diminta kepada masing-masing keluarga untuk memberikan data yang benar dan lengkap dengan harapan data ini dapat di up date setiap tahun sehingga kita selalu mempunyai data yang mutahir.

Daftar Keluarga Keturunan Ompu Jhonny

1. Marthin Tondang(+) / Lorianna Boru Sipayung(+)

2. Hongmapuang Boru Tondang/ Antonius Damanik(+)
3. Lucia Boru Tondang/S.A.S Ginting
4. Sadohot Tondang(+)/L. Boru Sinaga
5. Justina Boru Tondang/ P. Simarmata
6. Paulina Boru Tondang(+)/A. Sipayung
7. Apul Tondang/ Agnes M. Boru Sipayung(+)
8. Antarlina Boru Tondang/ A. Sinaga
9. Israel Tondang / D. Boru.Situmorang

10. Rosdeliana Boru Damnik / Mono Purba Jawa
11. Maximah Boru Damanik / Sipayung(*)
12. Rajaulung Damanik / Mak Roman Banjar
13. Gerhana Damanik / Mida Boru Sipayung
14. Arifin Damanik / Ita Boru Purba
15. Harta Boru Damanik / Ardo Silalahi
16. Edison Damanik / H.U Boru Tondang

17. Moren Ginting / Mia Boru Tondang
18. Jack Ginting
19. Corry Boru Ginting / Amboruosius
20. Evy Boru Ginting
21. Ricky Ginting

22. Betty Boru Tondang / Bilmer Simarmata
23. Jhonny Tondang / Rini Boru Damanik
24. Mudarayan Tondang / Mak Laras Boru Sinaga Jawa
25. Ateng Tondang / Boru Hasibuan
26. James Tondang / Ika Boru Sibarani
27. Domo Tondang
28. Jaranim Tondang / Boru Damanik

29. Bachtiar Simarmata / Boru Garut
30. Barlian Simarmata / Boru China
31. Petra Boru Simarmata / Situngkir

32. Lisda Boru Sipayung / Simorangkir
33. Manto Sipayung / Boru Girsang
34. Memo Boru Sipayung
35. Letro Sipayung

36. Raymond Tondang
37. Yan Roland Tondang
38. Ridho Michael Tondang

39. Hotma Boru Sinaga

40. Mia Boru Tondang / Moren Ginting
41. Leo Tondang
42. Tina Boru Tondang

43. Boby
44. Kiki
45. Devy

46. Andy Sipayung

47. Roman Damanik
48. Reny Boru Damanik
49. Uli Boru Damanik

50. Iin Boru Damanik
51. Ggg
52. Ggg
53. Ggg

54. Bram Damanik
55. Dany Damanik
56. Aaa

57. Yany Boru Silalahi
58. Lll

59. Melisma Boru Damnik
60. Eee
61. Eee

62. Tiara Boru Ginting
63. Grace Boru Sembiring

64. Christine Simarmata
65. Sylvia
66. Rahel
67. Oscar
68. Bil

69. Vany Boru Tondang
70. Carlos Tondang
71. Tania Boru Tondang
72. Mita Boru Tondang
73. Riski Tondang

74. Laras Boru Tondang
75. Lia Boru Tondang
76. Jesica Boru Tondang
77. Vivy Boru Tondang

78. Tesa Boru Tondang
79. Andreas Tondang
80. Alvyn Tondang

81. Francisco Tondang
82. Sicilya Boru Tondang

83. Raja Tondang
84. Andre Tondang

85. Bunga Boru Simarmata
86. Ucok

87. Bar
88. Bar

89. Pet
90. Pet

91. Lisa Boru Simorangkir
92. Mor
93. Mor

94. Surya Sipayung
95. Tanta Sipayung

96. Tiara Boru Ginting

No comments: